Rabu, 29 Juni 2011

LAPORAN KEMAJUAN PKM-K

  1. TARGET LUARAN
Dari pelaksanaan PKM-Kewirausahaan yang didanai Dikti ini terbentuk suatu usaha di bidang pembuatan wallpicture yang profesional dengan dengan nama Puzzle EVAwall. Usaha semacam ini merupakan jenis produk yang baru pertama kali ada di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Dengan demikian, diyakini usaha layanan jasa ini dapat berkembang dengan pesat.
            Dalam operasionalnya alur kerja dari usaha pembuatan wallpicture kamar tidur Puzzle EVAwall dapat digambarkan seperti di bawah ini.
Untuk mendorong kemajuan usaha yang didirikan, pengelola perlu mengenalkan keberadaan usaha ini kepada masyarakat. Adapun promosi yang telah kami lakukan meliputi langkah-langkah berikut.
1)      Penyebaran brosur di jalan
2)      Pemasangan poster di tempat ramai
3)      Promosi di unit kegiatan mahasiswa, sekolah dasar, dan taman kanak-kanak
4)      Promosi di Radio MFM 101.3 FM
5)      Pembuatan Facebook dan Blog
6)      Pemberian harga promo dan bonus berupa gratis ganti tema 1 kali selama masa promosi
Dengan program-program yang telah dilaksanakan ini, diharapkan dapat tercipta sebuah usaha yang prospektif dan profesional dalam bidang produk wallpicture kamar tidur dengan nama Puzzle EVAwall yang berpotensi meningkatkan kemandirian mahasiswa secara finansial.

A.      METODE PELAKSANAAN
Pada minggu pertama bulan pertama (Maret 2011), dilakukan kegiatan tahap persiapan. Hal-hal yang dilakukan pada tahap persiapan ini meliputi persiapan perlengkapan dan pembelian bahan baku, persiapan tempat usaha, pembagian kerja (job description), serta persiapan media dan sasaran promosi.
Aktivitas persiapan perlengkapan dan pembelian bahan baku meliputi (1) pemesanan jaket dan ID card untuk petugas, (2) pembelian dan pemasangan givi box, (3) pembuatan form pemesanan, stempel perusahaan, dan katalog produk, serta (4) pembelian puzzle evamatt dan evamatt lembaran polos, lem perekat, alat tulis kantor, dan peta Kota Malang.
Persiapan tempat usaha dilakukan dengan mencari tempat usaha yang strategis dan memadai. Melalui berbagai pertimbangan, akhirnya diputuskan tempat usaha Puzzle EVAwall dipusatkan di wilayah Sawojajar, Kota Malang, tepatnya di Jalan Danau Sentani Raya H4A/27 Malang. Secara kebetulan, alamat ini juga merupakan rumah dosen pembimbing PKM-K ini, yang di bagian kirinya terdapat bangunan bekas toko yang tidak digunakan lagi, tetapi secara fisik masih sangat layak. Sebagai inforamsi, wilayah Sawojajar merupakan wilayah padat perumahan dan penduduk dengan luas wilayah mencapai sekitar 30 hektar. Di sekitar tempat usaha terdapat perkantoran, pertokoan, sarana olah raga, pasar, sekolahan (kelompok bermain, TK, SD, dan SMP), dan kampus. Situasi ini sangat mendukung upaya promosi usaha Puzzle EVAwall.
Penentuan job description dibedakan atas job description untuk aktivitas tahap persiapan dan job description untuk aktivitas pelaksanaan kegiatan. Tugas persiapan meliputi belanja bahan, pembuatan katalog produk, desain tagline, logo, stempel, dan nota pesanan, pencetakan brosur dan spanduk, serta pembuatan alur kerja usaha Puzzle EVAwall. Berdasarkan alur kerja yang dibuat tersebut, selanjutnya ditentukan job description bagi masing-masing anggota tim untuk aktivitas pelaksanaan kegiatan. Pada saat penentuan job description ini diupayakan untuk dapat melibatkan teman-teman mahasiswa STIE-MCE di luar anggota tim PKM-K sebagai tenaga pengiriman dan pemasangan, khususnya ketika permintaan pasar tidak dapat dilayani oleh tim.
Adapun persiapan media dan sasaran untuk promosi dilakukan dengan mencetak brosur, leaflet, katalog produk, design tagline, dan logo. Dilakukan juga penentuan jadwal promosi melalui media Radio MFM 101.3 FM. Selain itu, dirancang blog dengan nama www.evawall-mce.blogspot.com beserta link-nya dan facebook dengan nama Page: EVAwall ABM (WallPuzzle). Ditetapkan sasaran promosi, meliputi orangtua siswa TK dan SD, mahasiswa, serta masyarakat umum. Karenanya, pada tahap persiapan ini ditentukan sekolah-sekolah, kampus, dan lokasi-lokasi yang akan dijadikan sasaran promosi secara langsung. Adapun promosi melalui media blog dan facebook, karena beberapa alasan teknis, baru dapat diwujudkan pada minggu ketiga bulan pertama (Maret 2011).
Promosi kepada orangtua siswa dilakukan mulai akhir minggu pertama bulan pertama. Promosi dilakukan kepada ibu-ibu yang menunggui anaknya yang belajar di TK P.I.G. Malang. Promosi juga dilakukan di UKM Kesenian STIE-MCE. Saat itu juga ada pemesanan sehingga dilakukan pelayanan pesanan konsumen. Kegiatan promosi dan pelayanan pesanan konsumen ini terus berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. Selain di TK P.I.G., promosi juga telah dilakukan di TK Dian Agung, dan TK Permata Bunda. Adapun promosi di kalangan kampus telah dilakukan kepada mahasiswa STIE-MCE, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Malang. Untuk menarik minat pembeli, selama empat bulan pertama (Maret-Juni 2011) diberikan bonus berupa penggantian tema Puzzle EVAwall secara gratis.
Mulai bulan kedua sampai bulan kelima, setiap akhir bulan dilakukan evaluasi secara berkesinambungan atas program kerja yang telah dilaksanakan. Pada kesempatan ini ditentukan juga rencana pelaksanaan dan pengembangan kegiatan selanjutnya.

B.       KETERCAPAIAN TARGET LUARAN
Usaha dengan produk Puzzle EVAwall yang berjalan selama ini telah dilakukan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari tabel jumlah ekspektasi dan realisasi transaksi berikut:

Tabel 1. Ekspektasi Target Penjualan dan Realisasi Per Bulan
Keterangan
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
Bulan 4
Bulan 5
Ekspektasi Penjualan
Penjualan
12 pesanan
15 pesanan
20 pesanan
27 pesanan
37 pesanan
% Kenaikan
-
20%
25%
35%
37%
Realisasi Penjualan
Penjualan
42 pesanan
51 pesanan
32 pesanan*)
-
-
% Kenaikan
-
21,4%
27,5%*)
-
-
Realisasi Volume Puzzle
30x30cm
782
1095
794
-
-
120x200cm
84
121
92
-
-
*) Bulan ke-2 masih berjalan setengah bulan, namun sudah mencapai BEP, prosentase 27,5% didapat dari estimasi penjualan selama bulan Mei adalah 64 pesanan.


Tabel 2. Rincian Pendapatan
 Bulan     Maret
Ukuran Evamatt
Harga
@ puzzle
Volume
puzzle
Jumlah Pesanan
Pendapatan
HPP
Laba Kotor
30x30 cm
10.000
782
19 psn
7.820.000
5.865.000
1.955.000
120x200 cm
100.000
84
23 psn
8.400.000
6.300.000
2.100.000

16.220.000
12.165.000
4.055.000



Bulan
April



Ukuran Evamatt
Harga
@ puzzle
Volume
puzzle
Jumlah Pesanan
Pendapatan
HPP
Laba Kotor
30x30 cm
10.000
1095
21 psn
10.950.000
8.212.500
2.737.500
120x200 cm
100.000
121
30 psn
12.100.000
9.075.000
3.025.000

23.050.000
17.287.500
5.762.500









Bulan
Mei*



Ukuran Evamatt
Harga
@ puzzle
Volume
puzzle
Jumlah Pesanan
Pendapatan
HPP
Laba Kotor
30x30 cm
10.000
794
14 psn
7.940.000
5.955.000
1.985.000
120x200 cm
100.000
92
18 psn
9.200.000
6.900.000
2.300.000
  
17.140.000
12.855.000
4.285.000

Data pendapatan dan biaya yang telah direkap dipaparkan pada tabel berikut.
Tabel 3. Tabel Laba Rugi
No
Bulan
Keterangan
Subtotal (Rp)
Total (Rp)
1
Maret
Investasi peralatan penunjang PKM
(1.505.000,-)
(500.000,-)
Investasi bahan habis pakai
(2.400.000,-)
Pendapatan (Laba Kotor)
4.055.000,-
Biaya Promosi
(650.000,-)
2
April
Pendapatan (Laba Kotor)
5.762.000,-
5.112.000,-
Biaya Promosi
(650.000,-)
3
Mei
Pendapatan (Laba Kotor)
4.285.000,-
3.635.000,-
Biaya promosi
(650.000,-)
TOTAL
8.247.000,-

            Berdasarkan Tabel 1 dapat dilihat bahwa sampai bulan ketiga dapat dicapai BEP sesuai dengan yang direncanakan. Jumlah transaksi juga berhasil melampaui target yang ditetapkan. Meskipun pada tiga bulan pertama ini masih diterapkan tarif promosi, ternyata rencana BEP ini menjadi lebih cepat dari jangka waktu yang diperkirakan sebelumnya. Usaha pembuatan puzzle dinding semacam ini merupakan jenis produk yang pertama dan satu-satunya di Kota Malang. Melihat tren perkembangannya yang positif, diyakini di masa mendatang produk ini dapat berkembang dengan pesat. Meskipun demikian, sebagai langkah awal diperlukan waktu yang cukup panjang untuk bisa meyakinkan masyarakat mengenai keunggulan produk ini.

C.  PERMASALAHAN DAN PENYELESAIANNYA
Berikut dikemukakan permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan PKM-K ini beserta alternatif penyelesaian masalahnya.
a)   Admistratif
Secara administratif, tidak ada permasalahan yang serius karena form yang digunakan sangat jelas dan detail (ada identitas konsumen yang jelas, tema, ukuran, serta gambar dari desain tema yang diinginkan konsumen), serta dengan otoritas yang jelas (ada tanda tangan konsumen, ada petugas yang melayani konsumen tersebut, dan ada stempel).
b)   Teknis
Kendala teknis yang dihadapi adalah belum tersedianya alat pemotong gambar tema dalam bentuk puzzle, sehingga pemotongan harus dilakukan secara manual puzzle demi puzzle. Hal ini memerlukan waktu pengerjaan yang lama dan cukup melelahkan. Kualitas hasil pengerjaannya pun tidak bisa maksimal. Namun, di luar dugaan, ternyata konsumen justru cenderung lebih tertarik pada gambar tema yang disajikan secara utuh (tidak terpotong-potong dalam bentuk puzzle) karena terlihat lebih utuh dan rapi. Karenanya, terjadi perluasan usaha. Semula layanan konsumen hanya dilakukan untuk produk Puzzle EVAwall yang dibuat menggunakan potongan puzzle berukuran 30cm x 30cm, yang mana gambar tema dipotong satu persatu sesuai dengan puzzle evamatt-nya. Kini, untuk memenuhi kehendak konsumen di lapangan, diberikan juga layanan untuk konsumen yang menghendaki dibuatkannya evamatt utuh (bukan dalam bentuk puzzle) berukuran 120cm x 200cm. Bahkan, permintaan evamatt utuh jauh lebih banyak daripada evamatt dalam bentuk puzzle. Karenanya, selain dalam bentuk puzzle, kini dilayani juga pemesanan evamatt dalam bentuk utuh.
c)    Organisasi
Secara organisasi tidak ada permasalahan karena semua anggota telah mengetahui tugas masing-masing secara jelas. Dalam pelaksanaannya, semua anggota bekerja sesuai dengan job description yang telah diberikan di awal dan tetap melakukan koordinasi dengan dosen pembimbing secara intensif.
d)   Keuangan
Secara keuangan tidak ada permasalahan yang berarti. Meski terjadi kekurangan dana sebagai akibat adanya perbedaan dana yang dianggarkan dengan dana yang disetujui Dikti, namun hal itu dapat di atasi dengan cara menambah sumber dana dari dana pribadi tim (ketua, anggota, dan dosen pembimbing).

D.      PENGGUNAAN BIAYA
Berikut ini disajikan laporan penggunaan dana serta pemasukan yang telah terjadi sampai dengan pertengahan Mei 2011.





Tabel 4. Laporan Penggunaan Dana
1.      Bahan Habis Pakai

No
Keterangan
Volume
Harga Satuan (Rp)
Total (Rp)
1
Puzzle Evamat (30x30cm)
40 paket
40.000
1.600.000
2
Puzzle Evamat (120x200cm)
20 lembar
40.000
800.000
3
Lem Kayu Rajawali
5 bungkus
10.000
50.000
4
Lem Castol
10 tube
7.000
70.000
5
Kertas HVS A4
2 rim
35.000
70.000
6
Tinta Print
2 botol
160.000
320.000
JUMLAH BIAYA
2.910.000
2. Peralatan Penunjang PKM
No
Keterangan
Volume
Harga Satuan (Rp)
Total (Rp)
1
Stempel
1 buah
150.000
150.000
2
ATK
1 paket
150.000
150.000
3
Seragam (Jaket)
2 orang
400.000
800.000
4
ID card
2 orang
5.000
10.000
5
Peta Kota Malang
1 buah
20.000
20.000
6
Givi Box
1 unit
375.000
375.000
JUMLAH BIAYA
1.505.000

3. Promosi
No
Keterangan
Volume
Harga Satuan (Rp)
Total (Rp)
1
Transportasi (BBM)
3 bulan
300.000
900.000
2
Cetak Brosur
2 rim
300.000
600.000
3
Cetak Poster
30 lembar
15.000
450.000
JUMLAH BIAYA
1.950.000

4. Lain-lain
No
Keterangan
Volume
Harga Satuan (Rp)
Total (Rp)
1
Biaya Pembuatan Laporan
1 kegiatan
200.000
200.000
2
Langganan Internet
3 bulan
125.000
375.000
3
Pulsa
3 bulan
100.000
300.000
JUMLAH BIAYA
875.000


TOTAL BIAYA (Rp)
7.240.000





IMG0081A.jpg



IMG0081A.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar